Jumat, 31 Mei 2013

BIOGRAFI SINGKAT Asy-Syaikh 'Utsman As-Salimi Al- 'Utmi Hafizahullah

بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم  


Tempat Lahir Syaikh Utsman
Muk’id adalah kampung yang terletak di daerah ‘Utmah di negeri Yaman. Pada tahun 1383 H bertepatan dengan tahun 1963 M, terlahirlah di kampung ini seorang ulama  Yaman yang bernama Syaikh Utsman bin Abdillah bin Ahmad bin Muhammad as-Salimy al-’Utmy. Beliau lahir ditengah keluarga yang cinta pada ilmu agama. Diantara keutamaan yang Allah berikan kepada keluarga beliau, Allah menjadikan sekitar 30 saudara beliau sebagai penghafal al-qur’an.

Perjalanan Menuntut Ilmu
Setelah menyelesaikan masa pendidikan di sekolah dasar, beberapa saudara Syaikh Utsman menganjurkan agar beliau menuntut ilmu agama di Darul Hadits Dammaj, Yaman. Pondok pesantren Ahlus Sunnah pertama kali di Yaman, yang didirikan dan diasuh oleh Muhaddits Yaman (Ahlu Haditsnya Yaman), Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi’iy rahimahullah.
Beliau telah membaca dan mempelajari beberapa kitab kepada Syaikh Muqbil rahimahullah. Diantara kitab tersebut adalah :
  • Kitab Shohih Bukhori
  • Kitab Shohih Muslim
  • Tafsir Ibnu Katsir
  • Shohih Musnad
  • Al-Jami’ Shohih
  • Ahadits Mu’allah Dhohiruha Shihhah
  • Mustadrok Hakim
  • As-Shorim Mankiy
  • Syarah Ibnu Aqil
  • Fathul Mughits
Selain Syaikh Muqbil rahimahullah, beliau juga pernah belajar kepada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushobiy hafidhohullah. Beliau telah menyelesaikan beberapa kitab dihadapan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushoby hafidhohullah, diantaranya adalah kitab Risalah fi ushul fiqh karya Imam Syafi’i.
Dan pernah mempelajari kitab Syarah Qotrun Nada dan Syarah Ibnu ‘Aqil kepada Syaikh Abdul Mushowwir bin Muhammad bin Gholib Al-Arumy Al-Ba’dany rahimahullah.
Karya Tulis Syaikh Utsman
Syaikh Utsman hafidhohullah mempunyai beberapa hasil karya tulis, diantaranya :
  • Tahqiq (penelitian) Kitab Tauhid karya Ibnu Mandah.
  • Tahqiq sebagian Kitab Tafsir Ibnu Katsir. Beliau termasuk orang yang membantu Syaikh Muqbil rahimahullah dalam mentahqiq kitab ini.
  • Tahqiq kitab faiqul kisa’ karya Imam Syaukaniy.
  • Kitab Ghoyatul Ma’mul syarah kitab shohih musnad min asbabil nuzul.
  • Al-misk wa raoihan, kumpulan hadits-hadits yang dishohihkan dua Imam Ahlul Hadits zaman ini, Syaikh Al-Albaniy dan Syaikh Muqbil Al-Wadi’iy.
  • Syarah Al-Jami’ Shohih, Insya Allah kitab ini akan dicetak dalam waktu dekat.
  • Kitab kecil yang berjudul “asbabul ghola war roho
  • Kitab kecil yang berjudul “al-barqu war riihu wal mathor
  • Kitab Tarbiyatul Aulad
Setelah belajar di Darul Hadits Dammaj, beliau melanjutkan dengan berdakwah di tempat kelahiran beliau. Sekitar 10 tahun beliau berdakwah dikampung halamannya. Kemudian pada tahun 1428 H, beliau menetap dan melanjutkan dakwahnya di Darul Hadits Dzamar, Yaman.

                                                                Pujian sebagian ulama
Berkata Syaikh Muqbil rahimahullah, “Utsman adalah seorang syaikh yang berbudi baik, wara’, zuhud dan bertakwa. Akh (saudara) Utsman -semoga Allah menjaganya-, dalam waktu yang singkat, Allah telah memberikan barakah pada da’wahnya. Sehingga para masyarakat dapat menerima dakwah beliau.
Dalam muqoddimah kitab tanwirudh dhulumat bikasyfi mafasid wa syubuhatil intikhobat karya Syaikh Muhammad bin Abdillah Al-Imam, berkata Syaikh Muqbil dalam muqoddimah kitab tersebut, “Dan diantara ulama ahlus sunnah yang memiliki budi pekerti, sezaman dengan kita dan berdiri menghadapi orang-orang sesat adalah Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albany, Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Syaikh Robi’ bin Hadi dan yang lainnya. Adapun yang di Yaman adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab al-Wushoby, Syaikh Abdul Aziz al-Buro’i, Syaikh Abdullah bin Utsman ad-Dzamary, Syaikh Utsman bin Abdillah al-Utmy as-Salimy, Syaikh Yahya al-Hajury, Syaikh Ahmad bin Sa’id al-Hujary dan Syaikh Abdur Roqib al-Ibby”.
Beliau juga berkata sebagaimana dalam kitab biografi Syaikh Muqbil, “Utsman bin Abdillah Abu Abdillah as-Salimy al-Utmy termasuk salah seorang yang nampak keilmuannya dikalangan teman-temannya. Dan beliau yang menggantikan saya untuk mengajar ketika saya tidak bisa hadir atau sakit……”.
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab pernah ditanya, “apakah anda menasehatkan agar mengambil ilmu dari Syaikh Utsman as-Salimy?”
Beliau menjawab, “Ya, beliau termasuk ulama ahlus sunnah. Beliau memiliki/mengasuh pesantren dan para penuntut ilmu di kota Dzamar. Dan memiliki karya tulis yang bagus –semoga Allah membalasnya dengan kebaikan -, beliau berdakwah, mengajar dan menulis karya tulis. Wabillahi taufiq“.
(diringkas dari sebuah tulisan yang berjudul “tarjamah fadhilatus syaikh utsman as-salimy”, tulisan ini dapat didownload di website ulama yaman)

Tidak ada komentar: